Perbandingan Web 1.0 sampai Web 4.0
Perbandingan Perkembangan Web 1.0 sampai Web 4.0
Pengertian Web
World Wide Web (Web) atau bisa dikenal dengan singkatan WWW adalah sebuah ruang informasi yang digunakan pengenal global (URL/Uniform Resource Locator) untuk mengenal sumber daya berguna.
WWW merupakan kumpulan situs server dari seluruh dunia dengan kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama.
Sejarah Web
Pada tahun 1989 Tim Berners-Lee, seorang programmer komputer berkebangsaaan Inggris yang bekerja pada European Pysics Laboratory (CERN) di Genewa, Swiss, melakukan sesuatu yang berbeda dari apa yang telah dilakukan sebelumnya. Dia mengkombinasikan hypermedia dengan sumber-sumber informasi Internet yang sangat luas. Sebelum ada Web, Anda dapat melakukan banyak hal di internet, tetapi tidak satupun dapat dilakukan dengan mudah.
Kemudian situs web yang terhubung ke jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Tujuan dari tim ketika merancang situs web adalah untuk memfasilitasi pertukaran dan memperbarui informasi pada penelitian rekan di mana ia bekerja.
Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara bebas oleh masyarakat.
Perbandingan Web 1.0 - Web 4.0
1. Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif dimana pengunjung hanya dapat membaca karena tidak adanya proses untuk menginput data
Beberapa ciri atau karakteristik web 1.0 :
- Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan.
- Halaman masih didesain sebagai html murni, yang ‘hanya’ memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi
- Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens
- Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi biasanya baru satu arah.
2. Web 2.0
Web 2.0 adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O’Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004, merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna
Web 2.0 adalah revolusi bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet sebagai platform, dan suatu usaha untuk mengerti aturan-aturan agar sukses di platform tersebut.” Prinsip-prinsip Web 2.0 :
- Web sebagai platform
- Data sebagai pengendali utama
- Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi
- Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan
- Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan akhir dari siklus peluncuran (release cycle) perangkat lunak (perpetual beta)
3. Web 3.0
Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang
efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan
dari data online. Berdasarkan definisi, pada dasarnya Semantic Web
memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang
tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti
manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti,
diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents).
Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu
mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih
mudah atau lebih tepatnya Web 3.0 sebuah realisasi dari pengembangan
sistem kecerdasan buatan (artificial intelegence) untuk menciptakan
global meta data yang dapat dimengerti oleh sistem, sehingga sistem
dapat mengartikan kembali data tersebut kepada pengunjung dengan baik
4. Web 4.0
Konsep Web 4.0/4.x adalah private secretary dalam bentuk organisme buatan. Setiap hari seseorang pasti mempunyai sebuah rutinitas. Apapun bentuk rutinitasnya , seluruh rutinitas tersebut bisa diketahui oleh aplikasi komputer/program/tools/device yang kita miliki yang dijalankan secara online. Jadi kemanapun seseorang pergi, dan apapun yang dilakukan semuanya direcord oleh alat-alat tersebut yang nantinya akan digunakan jika ingin mengetahui informasi apa yang dibutuhkan, bahkan teknologi ini bisa mengingatkan, menginterupsi dan memberikan informasi manakala ada perubahan dari sebuah sechedule/rutinitas, membantu melakukan pencarian.
- Ubiquity
sekedar data, dan sebagian besar aktivitas manusia berjalan offline.
- Connection
- Identity
Karena distribusi informasi spesifik ditujukan dan didedikasikan untuk seseorang/pribadi sehingga diperlukan informasi mengenai identitas pribadi yang bersangkutan, rutinitasnya dan apa yang dibutuhkan oleh pribadi tersebut.
Berikut Perbandingan secara jelas dari Web 1.0 - 4.0
Sumber :
https://medium.com/@deni.kurniawan/perkembangan-web-1-0-ke-4-0-inovasi-di-industri-4-0-5-0-2776339d2f8b
https://www.oreilly.com/pub/a//web2/archive/what-is-web-20.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Web_2.0
PENGARUH WEB SCIENCE PADA LINGKUNGAN EKONOMI MAUPUN SOSIAL
Perkembangan pesat sosial dan ekonomi web science bisa mempengaruhi dan dapat berdampak positif dan juga negatif. Dampak positif pada bidang sosial yaitu memiliki keinginan untuk menambah wawasan atau pengetahuan dalam teknologi antar sosial. Sedangkan dampak negatifnya adalah adanya salah pergaulan atau kenalan dari kalangan para remaja yang akan meningkatkan kejahatan dalam berbagai bentuknya seperti perkelahian, dan sebagainya.
Komentar
Posting Komentar