Perbandingan Web 1.0 sampai Web 4.0

 Perbandingan Perkembangan Web 1.0 sampai Web 4.0

Sebelum masuk ke perbandingan web dari 1.0 ke 4.0 mari kita membahas sedikit tentang apa itu web dan juga sejarahnya, karna pasti dari kalian ada yang belum tahu. Berikut penjelasannya


Pengertian Web

World Wide Web (Web) atau bisa dikenal dengan singkatan WWW adalah sebuah ruang informasi yang digunakan pengenal global (URL/Uniform Resource Locator) untuk mengenal sumber daya berguna.

WWW merupakan kumpulan situs server dari seluruh dunia dengan kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama.

 Sejarah Web

Pada tahun 1989 Tim Berners-Lee, seorang programmer komputer berkebangsaaan Inggris yang bekerja pada European Pysics Laboratory (CERN) di Genewa, Swiss, melakukan sesuatu yang berbeda dari apa yang telah dilakukan sebelumnya. Dia mengkombinasikan hypermedia dengan sumber-sumber informasi Internet yang sangat luas. Sebelum ada Web, Anda dapat melakukan banyak hal di internet, tetapi tidak satupun dapat dilakukan dengan mudah.

Kemudian situs web yang terhubung ke jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Tujuan dari tim ketika merancang situs web adalah untuk memfasilitasi pertukaran dan memperbarui informasi pada penelitian rekan di mana ia bekerja.

Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara bebas oleh masyarakat.

 

Perbandingan Web 1.0 - Web 4.0

1. Web 1.0

Web 1.0 merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif dimana pengunjung hanya dapat membaca karena tidak adanya proses untuk menginput data 

Beberapa ciri atau karakteristik web 1.0 : 

  1. Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan.
  2. Halaman masih didesain sebagai html murni, yang ‘hanya’ memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi 
  3. Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens
  4. Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi biasanya baru satu arah.

2. Web 2.0 

Web 2.0 adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O’Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004, merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna

Web 2.0 adalah revolusi bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet sebagai platform, dan suatu usaha untuk mengerti aturan-aturan agar sukses di platform tersebut.” Prinsip-prinsip Web 2.0 :

  1. Web sebagai platform 
  2. Data sebagai pengendali utama
  3. Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi
  4. Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan 
  5. Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan akhir dari siklus peluncuran (release cycle) perangkat lunak (perpetual beta)

3. Web 3.0


Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi, pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah atau lebih tepatnya Web 3.0 sebuah realisasi dari pengembangan sistem kecerdasan buatan (artificial intelegence) untuk menciptakan global meta data yang dapat dimengerti oleh sistem, sehingga sistem dapat mengartikan kembali data tersebut kepada pengunjung dengan baik

4. Web 4.0 

Konsep Web 4.0/4.x adalah private secretary dalam bentuk organisme buatan. Setiap hari seseorang pasti mempunyai sebuah rutinitas. Apapun bentuk rutinitasnya , seluruh rutinitas tersebut bisa diketahui oleh aplikasi komputer/program/tools/device yang kita miliki yang dijalankan secara online. Jadi kemanapun seseorang pergi, dan apapun yang dilakukan semuanya direcord oleh alat-alat tersebut yang nantinya akan digunakan jika ingin mengetahui informasi apa yang dibutuhkan, bahkan teknologi ini bisa mengingatkan, menginterupsi dan memberikan informasi manakala ada perubahan dari sebuah sechedule/rutinitas, membantu melakukan pencarian.


Inti dari Web 4.0. dapat mengetahui apa saja yang kita lakukan, dan dia juga bisa membantu dalam melakukan pencarian informasi, menyimpan histori pencarian, bahkan mempertemukan orang-orang yang mencari informasi yang sama. Menurut Seth Godin dalam blognya.
 
Syarat utama teknologi Web 4.0 :
  • Ubiquity 
Syarat ini dibutuhkan karena domain dari teknologi Web 4.0 adalah aktivitas bukan hanya
sekedar data, dan sebagian besar aktivitas manusia berjalan offline.
  • Connection
Tanpa relasi/hubungan seseorang tidak ada artinya dalam teknologi Web 4.0 karena teknologi ini dikembangkan untuk kepentingan ini (making connection).
  •  Identity 

Karena distribusi informasi spesifik ditujukan dan didedikasikan untuk seseorang/pribadi sehingga diperlukan informasi mengenai identitas pribadi yang bersangkutan, rutinitasnya dan apa yang dibutuhkan oleh pribadi tersebut.

Berikut Perbandingan secara jelas dari Web 1.0 - 4.0

 

Sumber : 

https://medium.com/@deni.kurniawan/perkembangan-web-1-0-ke-4-0-inovasi-di-industri-4-0-5-0-2776339d2f8b 

https://www.oreilly.com/pub/a//web2/archive/what-is-web-20.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Web_2.0




PENGARUH WEB SCIENCE PADA LINGKUNGAN EKONOMI MAUPUN SOSIAL

    Perkembangan pesat sosial dan ekonomi web science bisa mempengaruhi dan dapat berdampak positif dan juga negatif. Dampak positif pada bidang sosial yaitu memiliki keinginan untuk menambah wawasan atau pengetahuan dalam teknologi antar sosial. Sedangkan dampak negatifnya adalah adanya salah pergaulan atau kenalan dari kalangan para remaja yang akan meningkatkan kejahatan dalam berbagai bentuknya seperti perkelahian, dan sebagainya.

    Lalu pengaruh di bidang ekonomi akan menjadi positif dan banyak manfaatnya seperti pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat, dalam dunia industri akan semakin meningkat serta persaingan dalam dunia kerja maka dari itu kita dituntut untuk selalu menambah skill atau kemampuan diri. Teknologi di bidang ekonomi banyak membawa dampak yang besar seperti transaksi jual beli yang tidak mengharuskan untuk ketemu seperti ke toko pada umumnya atau secara online pada marketplace yang sudah terpercaya, dalam dunia industri tentu perkembangan teknologi yang semakin meningkat ini sangat menguntungkan dan membawa banyak dampak positif bagi semua orang yang bijak menggunakan Teknologi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Budaya Dasar

UI/UX

Pengantar Web Science #